Anti Korupsi

Pengalamanku News - Partai Komunis China, yang berkuasa, telah menjatuhkan hukuman kepada lebih dari 182 ribu pejabat pada 2013 dalam gerakan menumpas korupsi.

Huang Shuxian, seorang wakil kepala Komisi Pusat untuk Pengawasan Disiplin Partai Komunis, mengatakan petugas pemberantas korupsi di seantero China sepanjang 2013 menerima lebih dari 1,95 juta kasus dugaan korupsi dan setuju mengusut 172.532 perkara, seperti dilansir surat kabar the News International, Jumat (10/1).

Huang mengatakan sebagai hasilnya, 182.038 pejabat dijatuhi hukuman disipliner, yang bervariasi mulai dari sekadar peringatan hingga pemecatan dari partai atau bahkan lebih buruk lagi.

"Otoritas disiplin pada semua tingka, menegakkan hukuman terhadap mereka yang melakukan korupsi," kata dia.

Pemimpin Partai Komunis juga Presiden China, Xi Jinping, mengambil sikap keras yang banyak dipublikasikan terhadap pelaku korupsi sejak berkuasa sekitar setahun lalu, dan memperingatkan bahwa korupsi bisa menghancurkan partai.

Korupsi menimbulkan kemarahan di masyarakat luas dan Xi berjanji untuk menurunkan pejabat level atas dengan sebutan 'macan' bersama dengan pejabat level bawah atau 'lalat' untuk menjaga kemurnian organisasi.

Di saat yang sama, Xi juga melancarkan sebuah langkah penghematan, termasuk pembatasan jamuan makan dan larangan pemberian hadiah.

Sejauh ini, setidaknya 19 pejabat pada tingkat wakil menteri atau diatasnya telah dihukum sejak November 2013, termasuk kepala badan pemantau aset, Jiang Jiemin, dan mantan wakil menteri keamanan umum Li Dongsheng.

Namun para kritikus melihat tidak ada langkah sistematis yang dilakukan untuk mengatasi korupsi yang sudah merajalela tersebut.

Posting Komentar Blogger

Usahakan anda berkomentar sesuai topik diatas, dan berkomentarlah menggunakan bahasa Indonesia yang baku tanpa singkatan, dan berkomentarlah menggunakan kata yang sopan.

 
Top