Bahaya Menyusui Anak Berusia Diatas 2 Tahun

Pengalamanku News - Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang disusui hingga melewati usia lebih dari 2 tahun akan memiliki kemungkinan besar untuk menderita gigi berlubang atau bentuk lain dari kerusakan gigi.

Penelitian yang dilakukan di Porto Alegre, Brasil ini menggunakan 458 keluarga berpenghasilan rendah sebagai sampel penelitiannya. Dan penelitian ini menemukan bahwa anak-anak yang diberi ASI selama lebih dari 2 tahun berisiko tinggi untuk terkena kerusakan gigi.

"Ketika menyusu, gigi dan mulut bayi akan menempel dalam waktu yang lama di puting si ibu. Bahkan kecenderungan, mulut bayi akan menempel dalam waktu semalaman. Hal inilah yang kemudian menghalangi produksi air liur. Padahal air liur berfungsi untuk menghilangkan bakteri penyebab kerusakan gigi di dalam mulut," jelas William Bowen, peneliti Center for Oral Biology at the University of Rochester Medical Center di New York.

Atas kecenderungan inilah, maka dia menyarankan agar orang tua segera menyapih bayi dari ASI di usia yang tepat. Dan tidak lupa untuk membawa anak mereka untuk melakukan kegiatan pemeriksaan gigi ketika gigi pertama mereka muncul atau selambat-lambatnya di ulang tahun pertama mereka.

Posting Komentar Blogger

Usahakan anda berkomentar sesuai topik diatas, dan berkomentarlah menggunakan bahasa Indonesia yang baku tanpa singkatan, dan berkomentarlah menggunakan kata yang sopan.

 
Top