5 Manfaat Konsumsi Coklat Secara Rutin

Pengalamanku News - Makan coklat secara teratur mendorong kebaikan kesehatan. Terutama produk coklat hitam yang lebih kaya unsur kakao daripada gula atau susunya, mengandung antioksidan dan berbagai senyawa lain yang memengaruhi sehatnya tubuh dari sisi fisik dan mental.

Banyak orang yang menghubungkan antara makan coklat dengan kerusakan gigi dan kegemukan. Sebenarnya yang menyebabkan kegemukan dan kerusakan gigi bukanlah karena coklatnya, melainkan karena kandungan gula yang ada pada coklat tersebut.

Mengonsumsi coklat dengan rutin dapat memunculkan efek positif seperti ini:

1. Menyehatkan jantung
Coklat bisa menjadi pembawa kesehatan bagi jantung jika dimakan secara teratur. Dalam studi yang dipublikasikan Journal of Nutrition dan British Medical Journal disebutkan, coklat akan menurunkan kadar kolesterol LDL sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Hanya saja, pilih coklat yang kadar kakaonya lebih tinggi dibanding tambahan gulanya.

2. Menurunkan berat badan
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Diabetes, mengonsumsi 100 gram coklat hitam dapat mengurangi keinginan untuk ngemil setelah makan. Coklat bertindak sebagai penekan nafsu makan.

3. Melindungi kulit dari pengaruh sinar ultraviolet
Kandungan flavanoid pada coklat dapat menurunkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar UV, memengaruhi ketebalan kulit, hingga meningkatkan aliran darah.

4. Memperbaiki suasana hati
Secangkir coklat kaya dengan asam amino triptofan yang akan meningkatkan serotonin pada otak secara alami. Tingginya serotonin secara positif merangsang kebaikan suasana hati. Di lain sisi, triptofan mendorong hasrat seksual karena juga merangsang produksi endorfin.

5. Meningkatkan ketajaman pandangan
Coklat bagus pula bagi kesehatan mata seperti halnya wortel. Studi yang dilakukan Universitas Reading di Inggris menemukan, coklat hitam membantu meningkatkan kemampuan melihat seperti saat dalam keadaan cahaya redup pada cuaca yang sedang memburuk.

Posting Komentar Blogger

Usahakan anda berkomentar sesuai topik diatas, dan berkomentarlah menggunakan bahasa Indonesia yang baku tanpa singkatan, dan berkomentarlah menggunakan kata yang sopan.

 
Top