Bahaya Buang Air Kecil Di Kolam Renang

Pengalamanku News - Kebelet buang air kecil di kolam renang, sebaiknya Anda bergegas ke toilet dahulu dan buang hajat disana. Memang tampaknya tidak praktis, sebab melakukannya di kolam renang pun tak akan ada yang tahu.

Namun kebiasaan buang air kecil di kolam renang dapat menyebabkan air kolam tersebut menjadi kotor dan memicu penyakit pernafasan serta paru-paru. Itu merupakan hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh China Agricultural University dan juga Purdue University.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa bila senyawa klorin yang ada di air kolam renang bercampur dengan air urine yang dikeluarkan manusia, maka akan membentuk sebuah senyawa kimia baru berbahaya. Senyawa kimia baru tersebut dapat memicu penyakit pernafasan jika tak sengaja ditelan atau terhirup oleh perenang.

Hasil penelitian yang dipublikasi pada jurnal Environmental Science & Technology tersebut diperoleh setelah para peneliti membandingkan kondisi air kolam renang yang bersih tanpa urine, dengan kolam renang yang ada urine di dalamnya.

“Di kolam pertama, tidak ada senyawa kimia baru yang terbentuk, sementara di kolam kedua, ada senyawa baru yang merupakan hasil percampuran antara klorin dan urin,” terang peneliti.

Dari situ dipahami bahwa senyawa klorin akan bereaksi bila bertemu dengan asam urea yang terdapat dalam urine membentuk senyawa sianogen klorida.

Senyawa sianogen klorida ini dapat mempengaruhi kerja paru-paru, jantung, sistem saraf, dan memicu penyakit pada organ tubuh tersebut.

Nah, jadi untuk menjaga kebersihan air kolam seebaiknya Anda tak buang air kecil di kolam renang ya.

Posting Komentar Blogger

Usahakan anda berkomentar sesuai topik diatas, dan berkomentarlah menggunakan bahasa Indonesia yang baku tanpa singkatan, dan berkomentarlah menggunakan kata yang sopan.

 
Top