Bahaya Memakan Makanan Yang Jatuh Dari Lantai!

Pengalamanku News - Masih ingat sebuah iklan yang terkenal dengan kalimat "belum lima menit..." di mana ada adegan buah jatuh di lantai, namun buah tersebut masih diperbolehkan dimakan karena lantai baru saja dibersihkan?

Tagline tersebut bahkan hingga bertahun-tahun melekat di ingatan masyarakat dan menjadi kalimat yang diandalkan ketika makanan jatuh dan segera Anda pungut.

Pertanyaannya, apakah sebenarnya makanan yang sudah jatuh ke lantai walaupun cuma sebentar boleh dimakan?

Aturan 5 detik
Aturan ini bahkan juga dipercaya orang-orang di negara maju lho. Banyak orang yang masih nekat memungut makanan yang baru saja jatuh karena berpikir makanan belum sempat terkontaminasi kuman, dan masih bisa diselamatkan.

Peneliti kemudian penasaran dan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dipakailah tiga media, yang pertama karpet, lantai keramik, dan media terakhir lantai dengan bahan dan tekstur berbeda seperti lantai semen.

Pada ketiga media, diletakkan bakteri Escherichia coli yang umum (juga dikenal sebagai E. coli) dan Staphylococcus aureus. Kemudian, makanan dijatuhkan dan dalam waktu tak sampai 5 detik, makanan diangkat serta diperiksa dengan menggunakan mikroskop.

Hasilnya, sebagai berikut:
Makanan yang jatuh pada lantai semen dan lantai keramik

Sekalipun diangkat tak sampai 5 detik setelah jatuh, terdapat bakteri yang sudah mengontaminasi makanan. Bakteri tersebut bisa masuk ke dalam perut dan menyebabkan berbagai macam problem penyakit perut.

Pada tubuh yang metabolismenya rendah, bisa menyebabkan sakit diare yang cukup parah.

Makanan yang jatuh ke karpet
Uniknya, makanan yang jatuh ke karpet terbukti masih bisa diselamatkan. Bakteri tidak sampai mengontaminasi makanan yang jatuh ke karpet apabila makanan dipungut tak sampai 5 detik.

Jadi, apakah kesimpulannya makanan boleh dimakan setelah jatuh ke lantai?

Tidak disarankan memungut lagi makanan yang jatuh ke lantai, tanah maupun karpet untuk dimakan. Lebih baik mencegah semua kontaminasi bakteri yang terbawa oleh makanan agar tubuh tidak sampai sakit.

Posting Komentar Blogger

Usahakan anda berkomentar sesuai topik diatas, dan berkomentarlah menggunakan bahasa Indonesia yang baku tanpa singkatan, dan berkomentarlah menggunakan kata yang sopan.

 
Top